Satuan Acara Penyuluhan (SAP) Penyakit HIV/AIDS 2015

SATUAN ACARA PENYULUHAN
(SAP)


Topik/Materi             : Penyakit HIV / AIDS
Sasaran                   : Siswa dan siswi MTs Piyungan
Hari/Tgl                   : Sabtu, 12 Desember 2015
Waktu                      : 09.00 – 09.30 WIB (30 Menit)
Tempat                    : Aula MTs Piyungan
Pemateri                  : Amirrudin Setiawan


A.   LATAR BELAKANG
Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit HIV /AIDS semakin lama semakin menjalar khususnya pada kalangan remaja, untuk itu perlunya penjelasan serta pengenalan terhadap kalangan remaja. Dengan harapan remaja yang terkena maupun yang tidak terkena virus tersebut mampu mengenal tanda-tanda bagimana HIV/AIDS,setra bahaya daripada HIV/ AIDS. 


B.   TUJUAN
  1. Tujuan Instruksional UmumSetelah mengikuti penyuluhan selama 30 menit diharapkan remaja siswa dan siswi MTs Piyungan mampu memahami tentang penyakit HIV/AIDS.
  2. Tujuan Instruksional KhususSetelah diadakan penyuluhan selama 30 menit remaja/siswa/i dapat :a.      Menjelaskan pengertian HIV/AIDS.b.      Menjelaskan penyebab HIV/AIDS.c.      Mampu menyebutkan gejala HIV/AIDS.d.      Menjelaskan bagaimana penularan HIV/AIDS.e.      Menjelaskan cara pencegahan HIV/AIDS.

C.  POKOK BAHASANPentingnya mengetahui penyakit HIV/AIDS dan gejala serta cara pencegahannya.

  
D.   SUB POKOK BAHASAN1.  Pengertian HIV/AIDS.2.  Penyebab HIV/AIDS.3.  Gejala HIV/AIDS.4.  Cara Penularan HIV/AIDS.5.  Pencegahan HIV/AIDS.


E.   METODE
  1. Jenis model pembelajaran: pertemuan (tatap muka)
  2. Landasan  teori: ceramah, diskusi,
  3. Langkah pokok:a.     Menciptakan  suasana pertemuan yang baikb.     Mengajukan  masalah

F.   MEDIA
  1. Powerpoint
  2. LCD proyektor
  3. Laptop
  4. Leaflet

G.    SETTING TEMPAT



H.   
PROSES KEGIATAN


Tahap
Kegiatan
Waktu

Kegiatan
Pemateri/Penyuluh
Peserta
Pembukaan
5 menit
1. Memberi salam, memperkenalkan diri, dan membuka penyuluhan
2. Menjelaskan materi secara umum
3. Menjelaskan tentang TIU dan TIK
Menyimak


Menyimak

Menyimak
Penyajian
(Inti)
20 menit
1. Menjelaskan pengertian HIV/AIDS.
a.       Menanyakan kepada siswa/i apabila ada yang kurang jelas.
b.      Menerima dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa/i.
2. Menjelaskan penyebab HIV/AIDS.
a.       Menanyakan kepada siswa/i apabila ada yang  kurang jelas.
b.      Menerima dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa/i.
3. Menjelaskan gejala-gejala HIV/AIDS.
a.       Menanyakan kepada siswa/i apabila ada yang  kurang jelas.
b.      Menerima dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa/i.
4. Menjelaskan bagaimana penularan HIV/AIDS.
a.       Menanyakan kepada siswa/i apabila ada yang  kurang jelas.
b.      Menerima dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa/i.
5. Menjelaskan cara pencegahan HIV/AIDS.
a.       Menanyakan kepada siswa/i apabila ada yang  kurang jelas.
b.      Menerima dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa/i.

Menyimak

Memberikan pertanyaan

Menyimak


Menyimak

Memberikan pertanyaan

Menyimak


Menyimak

Memberikan pertanyaan

Memperhatikan

Menyimak

Memperhatikan

Memberikan pertanyaan

Memperhatikan
Menyimak


Memberikan pertanyaan
Penutup
5 menit
1.Memberikan pertanyaan tentang  materi yang baru dijelaskan.


2.Menampung  jawaban yang diberikan siswa/i.
3.Mendiskusikan bersama jawaban dari siswa/i.

4.Bersama semua siswa/i menyimpulkan materi yang telah dibahas.
5.Menutup pertemuan dan memberi salam
Menjawab pertanyaan yang diajukan pemateri.
Menyimak

Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan dan membalas salam



I.   EVALUASIEvaluasi yang diberikan berupa pertanyaan terbuka, antara lain:1.      Apa pengertian HIV/AIDS ?2.      Apa saja penyebab HIV/AIDS ?3.      Apa saja gejala-gejala HIV/AIDS ?4.      Bagaimana penularan HIV/AIDS bisa terjadi ?5.      Bagaimana cara pencegahan HIV/AIDS ?


J.   REFERENSI
http://info-kesehatan.net/penyebab-gejala-dan-pencegehan-penyakithiv-aids/
www.aids.gov.
Marx,J.L. (1982). “New disease baffles medial community”. Science 217 (4560): 618-621. Pubmed.
Divisions of HIV/AIDS Prevention. (2003). HIV and Its Transmission. Centers for Disease Control and Prevention.


K.  LAMPIRAN
Materi : Penyakit HIV/AIDS
Powerpoint , LCD proyektor, laptop dan leaflet.





Yogyakarta, 12 Desember 2015
        Pemateri


                                                        Amirrudin Setiawan (M13.01.0001)





----------------------------------------------------------------------------------------

Lampiran 1

A.  Pengertian HIV dan AIDS
HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah sejenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan dapat menimbulkan AIDS. HIV menyerang salah satu jenis dari sel-sel darah putih yang bertugas menangkal infeksi.
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yang berarti kumpulan gejala atau sindroma akibat menurunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi virus HIV.  Tubuh manusia mempunyai kekebalan untuk melindungi diri dari serangan luar  seperti  kuman, virus, dan penyakit. AIDS melemahkan atau merusak sistem pertahanan tubuh ini, sehingga akhirnya berdatanganlah berbagai jenis penyakit lain.


B.  Penyebab HIV/AIDS.
Penyebab HIV/AIDS adalah infeksi oleh virus HIV, yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga sel-sel pertahanan tubuh makin lama makin banyak yang rusak. Penderita infeksi HIV menjadi sangat rentan terhadap semua bentuk infeksi. Pada yahap akhir, penderita tidak bisa tahan terhadap kuman-kuman yang secara normal bisa dilawannya dengn muda.


C.  Gejala HIV/AIDS
  1. Gejala awala.       Gejala hanya seperti flu dan akan sembuh beberapa hari kemudian.b.      Tes darah saat ini masih belum dapat menunjukan adanya infeksi HIV (masih negatif).c.       Setelah 1 sampai 3 bulan barulah tes darah menjadi positf.d.      Pada tahap ini orang masih tampak sehat.e.       Keadaan nampak sehat ini dapat berlangsung 2-10 tahun.
  2. Gejala selanjutnyaa.       Demam berkepanjangan.b.      Selera makan hilang.c.       Diare terus menerus tanpa sebab.d.      Becak-bercak putih pada lidah.e.       Berat badan turun secara drastis.
  3. Tanda-tanda khas penderitaa.      Radang parub.      Radang saluran pencernaanc.      Kanker kulitd.      Radang karena jamur dimulut dan kerongkongane.      Gangguan susunan syaraff.       TBC

D.  Penularan HIV/AIDS.
HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antar lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan presemina, dan air susu ibu. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntuk yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui serta bentuk kontak lainnya cairan-cairan tubuh.


E.   Pencegahan HIV/AIDS.1.      Jauhi seks bebas.2.     Tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah meskipun dengan pacar.3.      Selalu menggunakan alat suntik atau alat tusuk lain yang steril.4.      Bagi wanita pengidap sebaiknya tidak hamil.5.      Bersikaplah saling setia dengan pasangan.6.      Gunakan kondom saat berhubungan intim.




1 comment:

Anonymous said...

Obat herbal Dr. Imoloa yang luar biasa adalah obat penyembuhan yang sempurna untuk Virus HIV, saya mendiagnosis HIV selama 8 tahun, dan setiap hari saya selalu mencari penelitian untuk mencari cara sempurna untuk menghilangkan penyakit mengerikan ini karena saya selalu tahu bahwa yang kita butuhkan karena kesehatan kita ada di bumi. Jadi, pada pencarian saya di internet saya melihat beberapa kesaksian berbeda tentang bagaimana Dr. imoloa dapat menyembuhkan HIV dengan obat herbal yang kuat. Saya memutuskan untuk menghubungi pria ini, saya menghubunginya untuk obat herbal yang saya terima melalui layanan kurir DHL. Dan dia membimbing saya bagaimana caranya. Saya memintanya untuk solusi minum obat herbal selama dua minggu. dan kemudian dia menginstruksikan saya untuk pergi memeriksa yang saya lakukan. lihatlah aku (HIV NEGATIF). Terima kasih Tuhan untuk dr imoloa telah menggunakan obat herbal yang kuat untuk menyembuhkanku. ia juga memiliki obat untuk penyakit seperti: penyakit parkison, kanker vagina, epilepsi, Gangguan Kecemasan, Penyakit Autoimun, Nyeri Punggung, Keseleo, Gangguan Bipolar, Tumor Otak, Ganas, Bruxisme, Bulimia, Penyakit Disk Serviks, Penyakit Kardiovaskular, Penyakit Kardiovaskular, Neoplasma, kronis penyakit pernapasan, gangguan mental dan perilaku, Cystic Fibrosis, Hipertensi, Diabetes, asma, radang sendi yang dimediasi autoimun. penyakit ginjal kronis, penyakit radang sendi, sakit punggung, impotensi, spektrum alkohol feta, Gangguan Dymyme, Eksim, kanker kulit, TBC, Sindrom Kelelahan Kronis, sembelit, penyakit radang usus, kanker tulang, kanker paru-paru, sariawan, kanker mulut, tubuh nyeri, demam, hepatitis ABC, sifilis, diare, Penyakit Huntington, jerawat punggung, gagal ginjal kronis, penyakit addison, Penyakit Kronis, Penyakit Crohn, Cystic Fibrosis, Fibromyalgia, Penyakit Radang Usus Besar, penyakit kuku jamur, Penyakit Kelumpuhan, penyakit Celia, Limfoma , Depresi Besar, Melanoma Ganas, Mania, Melorheostosis, Penyakit Meniere, Mucopolysaccharidosis, Multiple Sclerosis, Distrofi Otot, Rheumatoid Arthritis, Penyakit Alzheimer, email- drimolaherbalmademedicine@gmail.com / hubungi atau {whatssapp ..... +2347081986098. }

Read more..