Terapi Komplementer Terkini dan Terbarukan (TRADITIONAL THERAPY OF HEALTH) KEROKAN/ GUA SHA

Gua Sha KEROKAN

Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah mengerti betul istilah “Kerokan” yang sering dilakukan saat sedang masuk angin. Kerokan itu sendiri sudah dikenal di Indonesia sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.


Kerokan tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga banyak disukai oleh orang-orang di negara-negara asia lainnya, seperti di Vietnam menyebut kerokan sebagai cao giodi, sedangkan di Kamboja menyebutnya goh kyol, bahkan di China (TCIM) yang terkenal dengan akupunturnya menyebut kerokan dengan gua sha, cuma bedanya orang China memakai batu giok sebagai alat pengerok, bukan kepingan uang logam seperti yang umumnya dipakai di Indonesia.


traditional medicine

Definisi

Kerokan adalah sebuah terapi penyembuhan dengan metode menggaruk sembari menekan bagian tubuh terutama permukaan kulit menggunakan benda tumpul seperti uang logam.

Gua Sha 

Gua Sha adalah teknik penyembuhan yang digunakan dalam pengobatan tradisional. Melibatkan palpasi dan stimulasi kulit di mana kulit ditekan dengan sepotong batu giok, yang mengakibatkan munculnya bercak merah kecil. “Gua” berarti mengikis atau menggosok. “Sha” adalah kemerahan, patch ditinggikan kulit. Sha adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan darah di jaringan subkutan sebelum dan setelah diangkat sebagai benjolan merah kecil.

Segala Sesuatu Melalui Satu Perawatan Sederhana

Gua sha merangsang sistem kekebalan tubuh, mendetoksifikasi dan de-acidifies, meningkatkan sirkulasi, mengatur fungsi dan organ, menghilangkan blokade dan nyeri, merevitalisasi dan melahirkan (”hidup-ekstensi”), mengurangi stres, kelelahan dan membakar-out, meningkatkan misalnya obat (tidak langsung) yang tak terhitung jumlahnya (kronis) gangguan dan keluhan, menyeimbangkan emosi, santai dan mempromosikan kejernihan pikiran.

Alat - alat Gua Sha

  • Koin,
  • Batu giok,
  • Sendok,
  • Tanduk, 
  • Potongan jahe dan 
  • Potongan bawang.

Manfaat

Gua Sha dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit dan memperkuat tubuh. Terutama di daerah nyeri itu tiada bandingnya. Ini memiliki efek yang sangat cepat pada nyeri dari kepala, leher, bahu, sendi , linu panggul dan nyeri saraf lainnya, migrain, osteoporosis, rematik. Hal ini juga berpengaruh nyata terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh ketidakharmonisan fungsional dari organ internal.

Salam Sehat,,,,

-------------------------------------
Sekian artikel yang telah anda baca. Baca juga artikel-artikel saya yang lainnya.
Tunggu postingan artikel yang terbaru ya..

No comments:

Read more..